berbagai keLuhan di masa kehamilan

hamil

Momen kehamilan adalah momen yang penuh dengan kenangan tersendiri bagi setiap wanita. Kebanyakan wanita hamil memiliki permasalahannya tersendiri dan memiliki keluhan-keluhan yang berbeda-beda. Akan tetapi, meski terkadang berat, kehamilan adalah hal yang sangat membahagiakan. Setuju?

Bersyukurlah bagi Anda yang kondisi kehamilannya tidak jauh berbeda dari sebelum hamil. Nah, bagi ibu-ibu yang memiliki banyak keluhan, tentu kita harus bersama-sama mencari solusinya, bukan? Bagaimanapun, menjalani kehamilan harus dengan perasaan enjoy dan harus sehat. Sebab, bayi akan lebih mudah lahir dan sehat jika pada masa kehamilan ibu menjalaninya dengan enjoy dan sehat.

Mengatasi rasa mual

Mual dan muntah di pagi hari adalah hal yang paling sering dikeluhkan oleh para ibu yang hamil muda. Biasanya, mual dan muntah akan didapati di trimester pertama kehamilan. Penyebabnya adalah meningkatnya hormon estrogen dan Hcg dalam tubuh ibu.

Solusinya: minum jahe panas/hangat saat bangun tidur. Saat makan, jangan makan dalam porsi besar, karena itu dapat menyulut rasa mual. Makan dalam porsi kecil-kecil, namun sering. Dan perbanyak makan buah segar. Jika Anda mengkonsumsi susu ibu hamil, pilihlah susu yang mengandung anti mual, khusus bagi ibu hamil yang mengalami hiperemesis.

Mengatasi sakit kepala, anemia, dan dehidrasi

Ibu hamil muda biasanya tidak nafsu makan. Akibatnya, makanan terlambat atau bahkan tidak ada yang masuk ke saluran pencernaan. Tentu saja ini berakibat kurang baik bagi tubuh ibu. Salah satunya adalah dapat membuat kepala menjadi pusing dan tekanan darah menjadi turun. Tak jarang pula karena ibu hamil tidak mau makan, mereka menjadi dehidrasi alias kekurangan cairan.

Solusinya: perbanyak minum air putih. Pikirkan kesehatan janin Anda. Meski Anda tidak bernafsu makan, tetaplah jaga cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Tambah dengan sari kurma dan madu sebagai suplemen. Setidaknya, walaupun tidak ada makanan yang bisa masuk, sari kurma dan madu tetap dapat memberikan energi dan menjaga cairan dalam tubuh Anda. Jangan lupa, kurangi aktivitas yang dapat menyebabkan stress.

Mengatasi perubahan emosional

Di kala hamil, perubahan tak hanya pada kondisi fisik saja, tapi juga kondisi emosional. Ibu hamil muda sering kali dihinggapi perasaan cemas, dan cenderung lebih sensitif. Bisa diperparah jika keadaan rumah tangga karut marut.

cara melahirkan, proses melahirkan, cara melahirkan normal, proses kelahiran, cara cepat melahirkan, tips melahirkan secara normal, tips mudah melahirkan, cara mudah bersalin, cara mudah melahirkan normal, cara melahirkan yang baik, cara mudah melahirkan, tips cepat melahirkan, tips melahirkan, proses kelahiran bayi normal, tips persiapan melahirkan, tips melahirkan normal dan lancar, video melahirkan normal, tanda melahirkan normal, teknik melahirkan normal, tips melahirkan dengan mudah, proses persalinan, saat melahirkan bayi, tips mudah bersalin, video proses melahirkan secara normal, tips agar cepat melahirkan, tips agar melahirkan normal, tips melahirkan normal, agar cepat melahirkan, persiapan persalinan dan kelahiran bayi, persiapan persalinan normal, tips agar mudah melahirkan, agar mudah melahirkan, cara melahirkan dengan mudah, melahirkan anak secara normal, persiapan melahirkan, video melahirkan secara normal, tanda-tanda melahirkan normal, tips melahirkan anak, agar bayi cepat lahir, persiapan melahirkan anak pertama

Solusinya: mintalah bantuan suami atau keluarga untuk meredam emosi. Cobalah untuk relaks dan perbanyak ibadah. Dengan demikian, hati akan menjadi lebih tenang dan tentram.

Mengatasi berat badan yang bertambah

Pada trimester kedua, berat badan ibu mulai bertambah. Mual dan muntah biasanya sudah berhenti, sehingga nafsu makannya bertambah. Kalau tidak terkontrol, bisa-bisa BB akan mengakibatkan diabetes atau preeklamsia. Ibu hamil harus tahu bahwa normalnya, kenaikan BB ibu hamil adalah 10-15 kg dari BB normal.


Solusinya: perbanyak porsi buah dan sayur. Pastikan makanan dan asupan gizi Anda seimbang dan cukup. Konsultasikan dengan dokter atau bidan, makanan apa yang sebaiknya banyak Anda konsumsi.

Mengatasi nyeri punggung dan kram pada betis

Saat perut mulai membesar, keseimbangan tubuh ibu mulai terganggu. Punggung terasa nyeri, dan sering kali kaki yang menopang beban berat menjadi sering kram. Ini bisa diperparah dengan BB yang naik berlebihan dan mobilitas ibu hamil yang tinggi. Bisa juga karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kalsium.

Solusinya: perbanyak air minum. Lakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan minum susu. Saat Anda tidur, gunakan bantal penyangga untuk kaki, sehingga posisi kaki lebih tinggi. Hindari menggunakan sepatu berhak tinggi dan berjalan jauh atau diri terlalu lama.

Mengatasi flek atau topeng kehamilan

Pada tubuh ibu hamil, terutama pada garis perut biasanya akan muncul semacam garis atau flek-flek kecoklatan dan kadang kulit menjadi gatal-gatal. Garis coklat di bagian perut biasanya sering disebut dengan striae nigra. Kadang juga terjadi penggelapan di bagian wajah dan tubuh lain. Memang, kulit akan terlihat lebih jelek. Tapi, Anda tidak perlu kuatir. Setelah melahirkan, topeng ini akan hilang dengan sendirinya.

Solusinya: gunakanlah krim khusus untuk kulit ibu hamil yang dapat menghilangkan strechmark. Mandi secara teratur dan gunakan pelembab yang sesuai dengan kulit Anda. Jika gatal, jangan digaruk karena bekasnya akan menjadi sulit hilang. Tekan-tekan saja dengan ujung jari. Atau gunakan minyak zaitun untuk mengurangi rasa gatal dan membuat kulit menjadi lebih halus dan indah.

Mengatasi sesak napas dan sulit tidur

Semakin membesarnya perut akan membuat paru-paru semakin terdesak. Akibatnya, napas semakin berat dan biasanya hal ini yang membuat para ibu menjadi sulit tidur. Dan tak jarang ibu hamil menjadi sering  kepanasan dan gerah.

Solusinya: saat tidur, gunakan bantal yang tinggi untuk menyangga kepala. Berbaringlah miring sehingga posisi tidur menjadi lebih nyaman dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Sebelum tidur, hendaknya ibu mandi atau dalam keadaan segar, dan memakai baju tidur yang nyaman. Atur suhu dalam kamar sehingga lebih sejuk dan tidak membuat gerah.

 

One thought on “berbagai keLuhan di masa kehamilan

  1. saat kehamilan adalah saat2 yang luar biasa. ANUGRAH dari ALLAH SWT… seakan kita menjadi wanita seutuhnya…merasakan setiap sulitnya menjadi seorang ibu, membuat kita ingat bagaimana dulu ibu kita bersusah payah mengandung kita. Sungguh tidak mudah,..namun setiap detiknya sangat indah, detik yang membuat kita semakin cinta kepada si calon bayi dan menambah kesyukuran kepadaNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s