about Love


“Ketika logika tak bisa menjelaskannya, mungkin hati bisa menjelaskannya. Atau aku perlu memadukan keduanya, agar kau semakin mengerti…”

-Tami

Ini sudah kesekian kalinya…

Ah, sudah kubilang pada diriku sendiri berulang-ulang, bahkan pada segelintir orang, bahwa aku wanita dibalik tirai senja, cukup mengerti saja. Jangan tanya ada apa dan mengapa! Aku kira mereka mengerti maksudku, tapi ternyata tidak cukup untuk dimengerti.

Takkan ada habis-habisnya jika kita membahas soal perasaan, terutama tentangCINTA. Sampai ke ujung dunia pun, bahkan sampai kau mati pun, cinta akan terus ada dan mengikutimu, bahkan kau sendiri adalah jelmaan dari cinta. Dahsyat sekali bukan persoalan cinta ini? 🙂

Cinta itu anugerah Tuhan yang paling indah. Pasti kita semua setuju dengan pernyataan ini. Tentu saja, karena cinta itu adalah dariNya dan akan kembali padaNya, bukankah itu berarti bahwa cinta itu suci? Bukankah itu berarti kita harus menjaga cinta dengan baik? Bukankah cinta itu sesuatu yang benar, baik, dan indah? Bukankah itu berarti kita tidak berhak menodainya? Jadi, tidak ada yang salah dengan CINTA, karena cinta akan baik-baik saja selamanya. Jangan pernah menyesal telah merasakan cinta (jatuh cinta) apalagi menyalahkan cinta, bukan cinta yang salah, bisa jadi kita sendiri yang tidak bisa mengelola hati (cinta) dengan baik, terkadang kita buta, mana yang cinta dan mana yang nafsu. Keduanya berbeda tipis sekali. Bisa jadi selama ini kita mencampuradukkan keduanya. ya, atas nama cinta yang dibayangin nafsu belaka.

Hah, menulis ini sebenarnya sedikit membuatku sesak. Tapi, biarkan kali ini hatiku yang merangkai kata, logikaku sedikit mengalah untuk persoalan sakral ini. Kali ini, izinkan aku menceritakan sedikit potongan cinta dalam hidupku :).

Dari rasa suka, kagum, sayang, kemudian CINTA.

Entahlah sekarang perasaanku berada di posisi mana. Mungkin pertengahan antara sayang dan cinta. Aku coba kembali ke perasaan yang lalu, dimana perasaan itu berawal. Mencoba mengoreksi, apakah terselip nafsu di dalamnya. Biarkan aku menjawabnya di dalam hati.

Memendam perasaan itu menyesakkan hati. Aku yakin kau juga pernah merasakannya. Memendam perasaan itu membuatmu menjadi “sakit”. Memendam perasaan itu membuatmu merasa “kalah”. Sadarkah, kau telah dibunuh oleh bom waktu! Waktu memang suatu saat akan mengobati rasa “sakitmu” itu, tapi dia juga menertawakanmu. kali ini aku katakan padamu, jangan pernah mau dikalahkan oleh waktu sedetik pun, kau harus bisa menatap waktu dengan mata elangmu, karena setiap detik, ada makna yang tersimpan.

Jika memendam perasaan membuatmu merasa “kalah” dan “sakit”, lalu kenapa kau tidak mengatakan isi hatimu yang sebenarnya? Atau bagimu hal itu terlihat konyol dan impulsif? Mmm… Tidak bagiku. Karena semua tergantung bagaimana kita menyampaikan dan menyikapinya, tergantung bagaimana kau merangkai katanya, dan tentu tergantung dari niatmu. Ini hanya masalah sederhana.

Kau tahu, aku menjelaskan semua padanya dengan berbagai cara, berbulan-bulan! Aku tidak menuntut agar dia menjadi milikku, aku tidak meminta dia membalas semua caraku dengan cara yang sama, sama sekali TIDAK! Aku hanya ingin dia tahu dan mengerti bahwa aku “ADA”, bahwa aku selama ini berusaha mengerti dan memahaminya. Itu saja, tidak lebih. Sederhana bukan? Aku rasa itu cukup untuk menurunkan tingkat rasa sesak di hati menjadi lega.

Dan sampai akhirnya, klimaks dari segala rasa. Dia mengerti semua. Mengerti apa yang aku rasakan. Menghargai apa yang aku rasakan. Hanya melalui kata-kata sederhana, melalui imajinasi sederhana. Dan itu puncak rasa terlelahku. Dan benar-benar habis kata-kataku untuknya. Akhirnya dia mengerti, walaupun tidak ada perubahan yang berarti. Tapi, dia tetap menghargaiku sebagai seorang wanita. Wanita dibalik tirai senja, yang baginya cukup dimengerti saja tanpa bertanya ada apa dan mengapa.

Aku tidak mengungkapkan perasaanku secara gamblang padanya, tidak. Ah, ayolah kita sudah mulai dewasa. Kita punya cara tersendiri untuk mengungkapkannya dengan baik dan anggun. Aku tidak merasa bahwa hal yang kulakukan adalah sesuatu yang bodoh dan aku tidak merasa menyesal telah melakukannya. Justru akan lebih bodoh rasanya berdiam diri dengan terus memendam perasaan yang menyesakkan hati tanpa ada jalan keluarnya. Aku yakin wanita tegas, dewasa, dan cerdas takkan berdiam diri jika sudah terjerat persoalan hati. Aku tidak pernah menyesal telah memendam rasa itu dan melakukan hal-hal “gila” untuknya. karena cinta itu bukan logika saja, cinta itu juga bukan perasaan saja, cinta itu perpaduan antara logika dan hati (Perasaan). Jadi, tak heran jika kau terkadang melakukan hal “gila” untuk orang yang kau cintai. Itu wajar! Untuk apa disesali, karena memang itu skenario hidupku dan menjadi bab dalam cerita hidupku. Aku bahagia bisa merasakan dan mengalaminya. Bukan cinta namannya jika kau belum melakukan hal “gila” untuknya 🙂

Akhirnya, aku kembalikan rasa itu padaNya, aku terlalu lelah menggemgamnya sendirian dengan erat, toh rasa ini milikMu dan kembali padaMu. Aku tidak terobsesi bahwa dia kelak menjadi jodohku dengan segala “perjuangan gila” yang telah kulakukan, tidak. Itu hanya upaya kecilku yang belum seberapa untuk menunjukkan padaNya bahwa aku sedang berusaha. Jodoh itu di Tangan Tuhan, namun Tuhan tidak akan mengirimkannya jika kita sendiri hanya berdiam diri.

Wanita mengungkapkan perasaan pada lelaki? Tabu? Tidak! sudah kubilang berulang-ulang jelaskan perasaanmu itu lewat caramu sendiri dengan baik dan anggun! Katakan dengan tegas.

Ya, cinta memang tak harus memiliki. Walaupun cinta memang tak harus memiliki, tapi kau punya hak untuk mengungkapkan perasaanmu. Ungkapkan seperti kau sayang pada orang tua, adik, kakak, temanmu. Ini hanya persoalan sederhana. Kau pasti punya banyak cara untuk mencintai seseorang bukan? Ungkapkanlah, karena cinta itu kebaikan, kebahagiaan, dan keindahan. Sekali lagi, cinta itu suci, kau harus tetap menjaga makna kesucian itu.

Satu hal, jangan mencintai untuk dicintai. Karena itu akan meninggalkan jejak yang tak tertilas. Cintailah Tuhanmu, cintailah dirimu, cintailah semua orang dengan hatimu. Maka cinta akan datang padamu dengan bijaksana dan sederhana. Cintailah untuk mencintai. Agar tidak ada rasa sesak yang tertinggal.

“Aku tidak mengekangmu dalam hatiku, karena itu bukan cinta. Aku hanya membebaskan rasa untuk keluar dari hati dan pikiran, agar ia bisa merasakan cinta yang sebenarnya. Aku bahagia melihatmu bahagia. Dan itu tidak menyiksaku.”

BiLa Nanti…


Ketika sekarang kau lihat aku masih menggenggam bara iman ini dengan kuat…
Maka bila nanti…pada satu hari…
Kau lihat bara itu tak lagi ku genggam…
Jalanku mulai berbeda denganmu…
Kau masih di jalan lurus…
Sedang aku telah berbelok arah…

Maka bila nanti itu terjadi…
Jangan kau cela aku…
Jangan pula berwajah masam padaku…
Atau membiarkan aku begitu saja…
Lalu kau memutuskan melanjutkan perjalanan sendiri tanpa aku yang mengiringimu…

Tapi datangilah aku…
Bicara padaku walau pandanganku sudah sinis padamu…
Teruslah ulurkan tanganmu dan jangan berhenti walau sekian kali aku menepisnya…
Pergi dan hujamkanlah dalam hatiku ayat-ayat cinta yang selalu kita lantunkan saat kita lelah…
Sebagai pesan cinta dari Rabb kita…

Namun…jika aku sudah sangat keras kepala…
Tak mau menerima semua darimu…
Sedang lelah menyeru mulai menderamu…
Pergilah dariku…
Tapi bukan untuk meninggalkanku…

Dan dalam kepasrahanmu tentang aku..
Doakanlah aku dalam diam…
Saat kau sedang bersimpuh luluh padaNya…
Maka malaikat pun akan ikut mengaminkan doamu untukku…
Barangkali…dalam doamu yang ke sekian kali untukku tanpa pernah kutahu..
Allah akan kembali membuatku menggenggam bara iman ini lagi…
Kali ini lebih kuat…
Bersamamu saudaraku…dibawah mahabbah karenaNya…

~Dalam Muhasabah Kecilku~

akhirnya fase kehidupan ini terjadi jugaaaaaa…..


akhirnya fase kehidupan ini terjadi juga,,,, setelah mengubur dalam-dalam peran sebagai guru TK, tiba saatnya berperan sebagai dosen kebidanan, cz tlah di pilihkan ayahanda nyempLung di D4 Bidan Pendidik. dengan berat hati pergi ke pulau ini ketika melihat nama saya di tempatkan di koLom “akbid negri di tanjung pinang”.  yg terpikir hanya kesuraman, dag dig dug duaaarrrr….. cz harus berdiri, nguasai iLmu apa saja ttg kebidanan di depan orang banyak… saya kan “pemalu” (hahhahahha) jadi agag grogi kalo ada di depan orang rame 🙂

Jum’at 13 mei 2011 pagi-pagi jam setengah 7 udah nongkrong di kampus, cz jadwal ngajar nya jam 7. huaaaaaaaaa masih berasa ngantuk 😦 cz kepagian…… Tersebutlah waktu itu hari yang cerah, saya sampai di ruangan beberapa menit
sebelum waktu. Sudah banyak orang dan terus juga berdatangan. Wah.. tapi si dosen pamong juga belum datang juga. dosen pamong itu, dosen yg menilai aku ketika akan praktek mengajar nanti.… Sebagai orang baru, tentu saja saya berusaha ramah dan santun, menyapa satu dua orang mahasiswa. Entah mengapa kok rasanya tak terlalu hangat sambutannya. Tapi, tak apalah. Namanya juga orang baru, … Demikianlah kemudian acara
dimulai, dan ketika sampai pada acara perkenalan, langsung masuk ke materi,materi pertama yg saya sampaikan praktek Hecting perineum. mengajar nya di laboratorium,, uffttthhh rasa mau pulang ke jambi, cz gag kuat berdiri di depan orang rame lama-lama. tapi alhamdulillah bisa tetap stay cooL  hahhahahhahahha walaupun dengan keringat mengucur (kayak habis jogging)

setelah joging di laboratorium, kini tiba saatnya memulai babak yang seru di ruang perkuliahan, bertindak sebagai dosen muda yang memberi materi, kali ini memberikan materi asuhan kebidanan I untuk tingkat 1 semester II.  huaaaaaa tambah gag karuan hati, jiwa, dan raga . presentasi di depan kelas ja grogi, pa lagi di depan lingkungan yg baru di kenal. tapi alhamdulillah sekali lagi bisa tetap stay cooL hahahhahahhahahahahahah. cz ibu bilang kalo mau tampil di depan umum baca : Bismillahirahmanirrahim”Rabbish srahli sadri wayasirli amri wahlul u’k datam millisani yaf kahu kauli.. biar hati kakak jadi tenang “, kata ibu

ne  suasana ketika saya mengajar di kelas (hahahhahah pura-pura kebelakang ngeliatin adek2 diskusi materi yg saya ajarkan, trus pura-pura ngetik sms, padahaL saya ambiL fotoooo wkwkkwkw)Alhamdulillah, perkenalan singkat dan penyampaian materi perkuliahan dapat berjalan baik, mahasiswi disini pada pinter-pinter dan sangat menghargai kehadiran sayaaaa, dan materi yang saya berikan dapat di cerna oleh sistem pencernaan mereka * nah Lo????? eh bukan… oleh sistem syaraf mereka wkwkkwkwkwkwk 

untuk sampe tgL 4 juni ini semoga saya sudah terbiasa untuk unjuk GIGI di depan mahasiswa * tanpa keringat di muka yg berlebihan, cz pulang ke jambi nanti mau masukin Lamaran ke akbid di dekat rumah, kali aja keterima dan bisa jadi tenaga pendidik muda yang berkualitas dan bisa membanggakan almamater  amin…….

Dari yang tersayang, yang selalu mengingatkan kebaikan


from “HER”

dear, jam 9 malam dan semua orang udah pada sibuk dengan leptop dan tugasnya masing. sebenernya aku juga banyak tugas malahan  udah ngantuk tapi rasanya ini waktu yang tepat untuk menceritakan semuanya, ke “Dia” yang selama ini jadi t4 curahan hati.

halo sayang, ini mungkin tak seberapa, tapi ku harap ini mampu membuat hatimu sedikit tenang, dan pikiran mu cerah 🙂

aku tau kok, lulus SMA itu adalah masa yang sangat membahagiakan sekaligus mencemaskan. ya, masa kuliah itu indah banget dan aku yakin kamu juga akan ngerasain itu kok.

abis ini kamu akan menghadapi masa kuliah, sebenernya si ga ada yang salah sama itu semua, apalagi kamu harus hijrah dari jambi untuk mendapatkan gelar dari impian ayah ibumu. cz aku tau banget keinginanmu untuk jadi guru taman kanak kanak

hey, apakah kamu siap menghadapi dunia yang sebenarnya?

sayang, satu hal yang harus kamu tau, di tem[at kuliah mu yang baru, ga akan ada lagi teman teman yang seluar biasa teman SMA mu itu. tetapi yakinilah bahwa kau nanti akan memiliki dua teman yang luar biasa. soalnya aku juga begitu dengan ukhty… dan ukhty…. yang aku punya. jadi kamu ga perlu takut ga perlu terlalu sedih..

mendekati semester akhir, dunia yang akan kamu hadapi adalah dunia yang sebenarnya, ga ada lagi peraturan untuk menjaga hijab dan kewajiban berangkat liqo cz kamu pasti mendahulukan kepentingan untuk tugas2 akhir mu. menemui dosen pembimbing mu dari pada menemui murrobby mu. tapi  untuk Liqo’ itu semua harus kamu lakukan dengan penuh kesadaran, karena kamu tahu sayang kalo itu memang kebutuhanmu. So istiQomah lah 🙂 cz I Love you.aku yakin kamu pasti ngerti kalo kamu juga pengen jadi permata. 🙂

dunia akan berubah? ya, aku akui itu. kamu nanti akan berubah menjadi seseorang, begitu juga dengan semua teman temanmu. nah inilah kehidupan. dimana semua orang berhak menentukan jalan hidupnya masing masing. entah kau ingin maju atau ingin mundur, itu hak penuh dirimu. lalu buat kamu?

aku berharap banyak padamu sayang, harapan yang sama besarnya ketika aku memaksa mu untuk tetap istiomah di dunia liQo’. karena buatku penting jika kamu juga memiliki “sebuah” teman yang begitu kamu cintai nanti. “sebuah” teman yang akan kau selalu nangisi karena semua kenangan yang pernah terjadi. sekarang kau miliki itu kan? cz ukhuwah di liqo’ sangat indah sayang… aku merasakannya.

lalu, apa harapanku? hanya satu sayang. jadilah lebih baik lagi daripada aku.

kau bahkan tidak perlu contoh seperti aku sayang, karena aku yakin kau sudah benar benar paham akan hal hal baik.

jaga dirimu sendiri, terlalu banyak godaan yang ditawarkan oleh dunia ini.

dan untukmu pasti sangat menyenangkan bercengkrama dengan lawan jenis. silakan, tapi ingat mana batasan batasannya.

jika kau lihat aku yang terlalu lemah, jangan kau tiru. kamu harusnya mampu lebih kuat untuk membangun tinggi benteng hatimu. jikalau aku juga pernah mengganti rok dengan celana jeans dan atasan selutut, kau jangan. karena aku tahu, kau sebenarnya lebih baik dariku.

jikalau kau lihat aku tak sebaik yang kau kira, kau bahkan harus menjadi sosok yang ideal itu.

apakah kamu paham maksudku sayang?

(paham dak yo??? cz aku sibuk mengelap hidung ku yang penuh dengan ingus akibat menangis mendengarkan petuah wanita ini, wanita yg selalu mengingatkan kebaikan2 dari tutur nasehatnya untuk ku)

aku yang mungkin melunturkan sebagian (semoga kecil) nilai nilai, kau malah harus jadi pengingatku sayang. dan semua itu tidak mudah,karena permata tidak pernah dibuat dari proses yang mudah.

belajarlah bertahan. bertahan dengan apa yang sudah kamu ket ahui. aku tak memaksamu untuk maju menjadi yang jauh lebih baik lagi, tapi tolong usahakan tidak untuk kemunduran.

aku yakin kau pasti mengerti.

jika ada anak bocah lelaki yang meminta nomormu? bahkan aku yakin tahu apa jawabanmu. bertahanlah seperti itu sayang.

ingat kata kata ku tadi pagi?

hanya perempuan yang berkomitmen yang pantas untuk benar benar dicintai. hanya perempuan yang memegang teguh prinsip yang akan dikejar setengah mati.

Baca lebih lanjut

MengenaL Lebih dekat si “Tamu BuLanaN”


“Iiiih Kok jadi sensi gitu sih?”
“Lho… Lho masalah kecil saja ditangisi…”
“Uhhh… sakit banget!!!”
“Jangan ganggu aku deh, aku lagi kesel nih!!!”

Kira-kira komentar seperti itulah yang keluar saat ‘tamu bulanan’ kita datang, atau biasa kita sebut menstruasi. Bagaimana fisiologi terjadinya dan pengaruhnya pada emosi kita? Apa saja yang bisa dipersiapkan untuk menyambut ‘tamu’ spesial kita yang satu ini?

Menstruasi

Menstruasi adalah proses meluruhnya dinding endometrium uterus karena terjadinya penurunan drastis hormon progesteron secara tiba-tiba.

Fisiologi Siklus Menstruasi

Panjang siklus bervariasi dari 23 hari atau kurang untuk siklus pendek dan lebih dari 35 hari untuk siklus yang panjang. Ada sejumlah perempuan yang siklusnya teratur, sementara ada pula yang bervariasi sampai dengan 7 hari. Untuk lebih memudahkan pemahaman, pada tulisan ini kita gunakan rata-rata siklus 28 hari.

Siklus menstruasi di bawah kontrol hormon seks. Untuk memudahkan, siklus ini dibagi dalam 2 fase, yaitu fase sebelum ovulasi dan fase setelah ovulasi.

Ukhtiy Harus Tahu!
Siklus Menstruasi itu berbeda dengan
Masa menstruasi

1. Fase sebelum ovulasi – dikontrol oleh FSH dan esterogen.

Kelenjar pituitari pada dasar otak akan mengeluarkan FSH yang akan merangsang pematangan folikel di ovarium (indung telur). Pematangan folikelini akan meningkatkan produksi esterogen.

Pada saat kenaikan esterogen mendekati ovulasi, terjadi perubahan – perubahan sebagai berikut:

  • Endometrium (selaput lendir rahim) menebal.
  • Serviks menjadi panjang dan lunak serta terbuka.
  • Lendir serviks yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar pada serviks menjadi lendir yang bersahabat dengan sperma.
  • Peningkatan garam, gula, dan asam amino untuk memberikan makanan pada sperma.
  • Peningkatan cairan sampai dengan 10 kali peningkatan volume lendir.
  • Lendir yang subur terdiri dari 98% air – transparan, berkilat, licin, elastis yang disebutefek spinnbarkeit.
  • Struktur lendir yang subur bila dilihat dengan menggunakan nuclear magnetic resonance memperlihatkan jaringan yang jarang sehingga dapat dilewati oleh sperma.
  • Suhu menetap pada tingkat yang rendah.

Ketika esterogen mencapai tingkat tertentu dalam darah, kelenjar pituitari distimulasiuntuk menghasilkan LH yang meningkat cepat yang kemudian akan menimbulkan ovulasi(pecahnya folikel yang matang dan mengeluarkan ovum) dalam 36 jam kemudian.

2. Fase setelah ovulasi – dikontrol oleh progesteron.

Setelah ovulasi, LH menyebabkan pecahnya folikel yang kemudian folikeltersebut akan berkembang menjadi korpus luteum, yang memproduksi progesteron.

Di bawah pengaruh progesteron terjadi perubahan-perubahan:

  • Endometrium melunak guna mempersiapkan diri untuk menerima implantasi(penempelan) telur yang telah dibuahi.
  • Serviks memendek, keras, dan tertutup.
  • Lendir serviks menjadi tidak bersahabat untuk mencegah penetrasi sperma.
  • Setelah ovulasi terdapat perubahan status kesuburan – jaringan filamen-filamen menjadi lebih padat membentuk lendir yang tebal yang mencegah penetrasi sperma. Sperma secara cepat akan dirusak oleh cairan vagina yang bersifat asam.
  • Suhu akan meningkat sekitar 0,2˚C atau lebih.

Korpus luteum akan bertahan sekitar 14 hari, kemudian akan kisut dan mati; progesteronakan turun; suhu turun; dan endometrium akan mengalami disintegrasi sehingga terjadilah menstruasi dan lengkaplah satu siklus.

Ovulasi

Ovulasi hanya terjadi satu hari saja dalam satu siklus dan bila tidak terjadi kehamilan, 2 minggu kemudian diikuti oleh masa menstruasi. Biasanya jangka waktu antara ovulasi dan menstruasi berikutnya tidaklah berbeda jauh. Lamanya siklus menstruasi bergantung pada variasi waktu sejak awal siklus sampai ovulasi. Terjadinya ovulasi menentukan lamanya siklus.

Lamanya waktu sejak awal menstruasi sampai ovulasi bisa bermacam-macam. Ovulasiseringkali tertunda pada saat-saat seseorang mengalami stres, masa menyusui dan masapra menopause.

Pada satu hari ovulasi dalam suatu siklus, satu atau dua sel telur siap untuk dibuahi. Hidup sel telur tidak lebih dari 24 jam, sedangkan masa hidup sel sperma berbeda-beda. Bila tidak ada lendir yang menunjang kelangsungan hidupnya, sel sperma tidak bisa bertahan hidup lebih dari satu jam atau sekitar itu. Namun dengan adanya lendir cervixyang baik, sel sperma bisa bertahan hidup sampai 2 atau 3 hari, bahkan kadang bisa sampai 4 atau 5 hari lamanya.

PMS (Pra Menstruasi Sindrom)

Menstruasi biasanya identik dengan PMS, setiap wanita mengalami keluhan menjelang menstruasi. Sekitar 85% wanita mengalami gangguan fisik dan emosi menjelang masa ini.

Gejala yang paling mudah dilihat dari sindrom pra menstruasi ini adalah mudah marah, depresi, lelah dan tubuh agak membengkak. Selain itu, biasanya juga terjadi penumpukan cairan dengan payudara yang agak membengkak, ukuran panggul bertambah besar, wajah terlihat sembab, sakit kepala, dan nyeri di bagian perut. Perubahan-perubahan mood, seperti mudah marah, meledak-ledak, dan sering menangis juga kerap menandai munculnya premenstrual syndrome (PMS) ini.

Yang lebih gawat adalah PMS pun dapat menimbulkan depresi, terkadang sampai memunculkan perasaan ingin bunuh diri, dan bahkan keinginan melakukan kekerasan kepada diri sendiri ataupun ke orang lain.

Sayangnya, hingga kini penyebab pasti timbulnya PMS belum diketahui. Namun, gejala-gejala PMS tadi diperkirakan berhubungan dengan meningkatnya hormon-hormon wanita seperti yang telah dijelaskan di awal –estrogendan progesterone– dalam hari-hari menjelang menstruasi. Nah, ketika gejala-gejala tersebut makin hebat dan menganggu aktivitas sehari-hari pada setiap bulannya, ada baiknya Ukhtiy berkonsultasi ke dokter.

Inilah beberapa fakta seputar PMS, termasuk bagaimana cara meringankannya:

1. Telat datang bulan, hal biasa.
Kejadian ini berhubungan dengan tingkat stres yang dialami sehingga kerja hormon terhambat dan menyebabkan silklus menstruasi pun terganggu. Maka dari itu, perhatikan jadwal kuliah/kegiatan Ukhtiy, apakah saat ini Ukhtiy dikejar tenggat waktu soal kuliah, tugas, atau amanah lain. Bila saja Ukhtiy perhatikan, adanya stres ini dapat membuat menstruasi Uktiy terlambat.

2. Tidak sebanyak yang Ukhtiy pikirkan.
Ukhtiy tidak perlu takut kehilangan jumlah darah terlalu banyak. Secara rata-rata, setiap bulannya seorang wanita hanya kehilangan sekitar 3 ons darah.

3. Lama atau sebentar itu normal.
Kebanyakan wanita akan mengeluarkan darah sekitar dua hari sampai tujuh hari. Bila menstruasi Anda lebih dari delapan hari, itu belum tergolong masalah besar.

4. PMS yang bukan PMS.
Wanita yang mengalami sakit hebat saat menstruasi itu melebihi gejala umum sangat mungkin terkena premenstrual dysphoric disorder (PMDD). Wanita yang menderita PMDD juga memiliki gejala-gejala sama layaknya PMS, seperti sakit kepala, nyeri sendi dan otot, tubuh dan payudara membengkak. Gejala-gejala yang secara umum terjadi, akan menghilang saat berlangsungnya menstruasi.

Apa yang dapat Ukhtiy lakukan?

Untuk mengurangi beberapa kondisi yang tidak nyaman menjelang PMS, coba lakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Buatlah semacam diary atau jurnal yang mencatat kapan gejala-gejala itu muncul. Dengan demikian, Ukhtiy mempunyai patokan waktu yang tepat untuk mengatasinya.
  2. Agar sehat, makanlah sedikit tetapi sering. Jika Ukhtiy menderita konstipasi, konsumsilah bahan makanan yang mengandung banyak serat.
  3. Saat sedang minum obat diuretik, biasanya Ukhtiy akan lebih sering buang air kecil yang memungkinkan mineral penting ikut terbuang. Karena itu, tambah makanan yang mengandung potassium (buah, makanan laut, kacang-kacangan), juga makanan, minuman ekstra atau suplemen yang mengandung vitamin B dan C.
  4. Untuk mengurangi terjadinya penumpukan cairan, sebisa mungkin kurangi garam dalam makanan Ukhtiy. Garam bisa menyerap air dan hal ini dapat meningkatkan pembengkakan.
  5. Perbanyak waktu istirahat untuk menghindari kelelahan. Selain itu cobalah menghindari situasi yang bisa membuat Ukhtiy stres.
  6. Coba bicarakan perasaan Ukhtiy kepada sahabat yang dapat dipercaya dan dapat mendengarkan keluhan Ukhtiy. Pastikan pula keluarga tahu mengenai kondisi Ukhtiy.
  7. Cobalah minum beberapa ramuan tumbuhan tertentu yang telah terbukti membantu meningkatkan kesehatan wanita, misalnya kunyit asam, dan lain-lain.

Alhamdulillah, mudah-mudahan setelah tahu seluk-beluknya kita bisa menyambut ‘tamu’ kita yang satu ini dengan penuh senyum dan kehangatan. Ditunggu ya kabar baiknya mulai bulan depan…

***

Artikel http://www.muslimah.or.id

Ketika Allah Memilihmu Untukku..


Padamu yang Allah pilihkan dalam hidupku..
Ingin ku beri tahu padamu..
Aku hidup dan besar dari keluarga bahagia..
Orang tua yg begitu sempurna..
Dengan cinta yg begitu membuncah..
Aku dibesarkan dgn limpahan kasih yang tak terhingga..
Maka, padamu ku katakan..
Saat Allah memilihmu dalam hidupku,
Maka saat itu Dia berharap, kau pun sanggup melimpahkan cinta padaku..
Memperlakukanku dgn sayang yang begitu indah..

Padamu yang Allah pilihkan untukku..
Ketahuilah, aku hanya wanita biasa dengan begitu banyak kekurangan dalam diriku,
Aku bukanlah wanita sempurna, seperti yang mungkin kau harapkan..
Maka, ketika Dia memilihmu untukku,
Maka saat itu, Dia ingin menyempurnakan kekuranganku dgn keberadaanmu.
Dan aku tahu, Kaupun bukanlah laki-laki yang sempurna..
Dan ku berharap ketidaksempurnaanku mampu menyempurnakan dirimu..
Karena kelak kita akan satu..
Aibmu adalah aibku, dan indahmu adalah indahku,
Kau dan aku akan menjadi ‘kita’..

Padamu yg Allah pilihkan untukku..
Ketahuilah, sejak kecil Allah telah menempa diriku dgn ilmu dan tarbiyah,
Membentukku menjadi wanita yg mencintai Rabbnya..
Maka ketika Dia memilihmu untukku,
Maka saat itu, Allah mengetahui bahwa kaupun telah menempa dirimu dgn ilmuNya.. Maka gandeng tanganku dalam mengibarkan panji-panji dakwah dalam hidup kita..
Itulah visi pernikahan kita..
Ibadah pada-Nya ta’ala..

Padamu yg Allah tetapkan sebagai nahkodaku..
Ingatlah.. Aku adalah mahlukNya dari tulang rusuk yang paling bengkok..
Ada kalanya aku akan begitu membuatmu marah..
Maka, ketahuilah.. Saat itu Dia menghendaki kau menasihatiku dengan hikmah,
Sungguh hatiku tetaplah wanita yg lemah pada kelembutan..
Namun jangan kau coba meluruskanku, karena aku akan patah..
Tapi jangan pula membiarkanku begitu saja, karena akan selamanya aku salah..
Namun tatap mataku, tersenyumlah..
Tenangkan aku dgn genggaman tanganmu..
Dan nasihati aku dgn bijak dan hikmah..
Niscaya, kau akan menemukanku tersungkur menangis di pangkuanmu..
Maka ketika itu, kau kembali memiliki hatiku..

Padamu yang Allah tetapkan sebagai atap hunianku..
Ketahuilah, ketika ijab atas namaku telah kau lontarkan..
Maka dimataku kau adalah yang terindah,
Kata2mu adalah titah untukku,
Selama tak bermaksiat pada Allah, akan ku penuhi semua perintahmu..
Maka kalau kau berkenan ku meminta..
Jadilah hunian yg indah, yang kokoh…
Yang mampu membuatku dan anak-anak kita nyaman dan aman di dalamnya..

Padamu yang Allah pilih menjadi penopang hidupku…
Dalam istana kecil kita akan hadir buah hati-buah hati kita..
Maka didiklah mereka menjadi generasi yg dirindukan syurga..
Yang di pundaknya akan diisi dgn amanah-amanah dakwah,
Yang ruh dan jiwanya selalu merindukan jihad..
Yang darahnya mengalir darah syuhada..
Dan ku yakin dari tanganmu yg penuh berkah, kau mampu membentuk mereka..
Dengan hatimu yg penuh cinta, kau mampu merengkuh hati mereka..
Dan aku akan selalu jatuh cinta padamu..

 

Padamu yang Allah pilih sebagai imamku…
Ku memohon padamu.. Ridholah padaku,
Sungguh Ridhomu adalah Ridho Ilahi Rabbi..
Mudahkanlah jalanku ke Surga-Nya..
Karena bagiku kau adalah kunci Surgaku..