Menu tarbiyah hari ini ^_^

Yups, tekwan ini adalah salah satu makanan khas kampung halamanku (kampung tetangga sech “palembang”), gag tawu juga ne tekwan original jambi tau palembang??? yang pasti dari keciL makanan ini [tekwan dan pempek] udah jadi menu paporit saya😀  dari dulu mpe sekarang, maybe mpe keriput ntar pasti akan selalu suka dan doyan😀. Makanan sehat dan bergizi tinggi, berbentuk seperti bola-bola ikan, terbuat dari ikan tenggiri, rada mirip bakso, tapi rasanya lebih enak daripada bakso (suerrrr dech :D)… Bagi penggemar ikan, tekwan mungkin nggak asing lagi di lidah anda.

tarbiyah 12 juni 2011 ini materinya bukan tentang fiqih, hadist ataupun hadist, melainkan masak-masak di dapurnya murrobbi🙂 . Menu yg di ambiL yaitu “TEKWAN” (gw banget….. hahahhahaha🙂 ), Alhamdulillah pelangi-pelangi kehidupan saya di batam pada suka tekwan, jadi rada nyambung gitu kalo di ajakin atau minta di traktir tekwan. alhamdulillah 5 bulanan ini produksi dan yang jual tekwan meningkat di batam centre dan sekitarnya. jadi saya gag perlu nunggu pulang ke jambi lagi untuk menikmati semangkok tekwan🙂 , But tetap bae yang paling the best di lidah “TEKWAN MAMANG KOLOT” hahahahahhaaa 

Oke, biar ga penasaran, kali ini aku akan mencoba berbagi resep cara membuat tekwan ala ibu tersayang.

Bahan-bahan:

1 kg daging ikan tenggiri (digiling halus)

½ kg sagu tani

¾ mangkuk air es (ini rahasianya biar tekwan terasa kenyal n gress)

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

Bahan kuah:

10 siung bawang merah (dihaluskan)

5 siung bawang putih (dihaluskan)

1 panci air (disesuaikan dengan tekwan)

¼ kg udang kupas (dicincang kasar)

2 ons jamur kuping (dicincang kasar)

1 ons bunga sedap malam

1 buah bengkoang (diiris tipis memanjang)

I ruas jahe (dimemarkan)

Lada dan garam secukupnya

Bahan pelengkap:

Soun secukupnya

Irisan jeruk lemon

Daun seledri (dicincang halus)

Cabe rawit (dihaluskan)

Kecap manis / asin tergantung selera

ebi gonseng dihaluskan

Bawang goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, didihkan air dalam panci untuk  merebus tekwan. Kemudian, ikan tenggiri diaduk rata dengan air, masukkan gula dan garam, kemudian tambahkan sagu sedikit demi sedikit hinga rata menjadi adonan tekwan.
  2. Adonan tekwan dibentuk dengan sendok sebesar biji kelereng (ga perlu bulat beneran), kemudian dicemplungkan ke dalam air yang sudah mendidih.
  3. Bola-bola tekwan yang sudah matang (cirinya dia naik ke permukaan), diangkat dan ditiriskan.
  4. Selanjutnya kita membuat kuah tekwan. Didihkan air secukupnya bersama dengan udang kupas yang telah dicincang kasar (kira-kira 1 panci disesuaikan dengan banyaknya bola-bola tekwan yang dihasilkan).
  5. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga berbau harum dan berwarna agak kecoklatan, kemudian masukkan ke dalam kaldu udang yang telah mendidih, tambahkan jahe, bengkoang, jamur kuping dan bunga sedap malam. Dan yang terakhir, tambahkan garam dan lada secukupnya atau sesuai dengan selera. Diamkan sebentar, kemudian masukkan bola-bola tekwan yang telah menjadi (untuk menjaga rasa, sebaiknya bola-bola tekwan tidak dimasukkan sekaligus ke dalam kuah jika tidak ingin langsung dihabiskan, bisa disimpan dulu di kulkas, kemudian dimasukkan ke kuah jika ingin dihidangkan).
  6. Hidangkan dalam mangkuk, tambahkan soun, air jeruk, kecap,  ebi halus, cabe, dan ditaburi dengan bawang goreng dan daun seledri sesuai dengan selera anda.
  7. Tekwan siap disantap… hmmm nyammmy… slruuppp…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s