Nutrisi Khusus Perempuan

Gambar

Anda pernah menyaksikan berita bayi yang baru lahir namun tanpa batok kepala, bayi lahir dengan berat kurang atau bahkan bayi yang meninggal karena lahir kurang umur (prematur)? Tidak hanya itu, ada juga bayi-bayi yang mengalami obesitas, sehingga mengalami gangguan nafas serta perkembangan motoriknya terganggu. Bisa jadi semua berita itu hadir ditengah-tengah kehidupan Anda. Bisa tetangga, teman atau keluarga terdekat. Semua berita tentang bayi-bayi tersebut sangat memprihatinkan. Jika diteliti lebih dalam nutrisi menjadi salah satu penyebab bayi-bayi yang cacat tersebut. Gizi sang Ibu ketika masa kehamilan sangat mempengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan. Juga mempengaruhi stamina tubuh Ibu dan kualitas ASI disaat nifas dan menyusui.

Peduli terhadap kesehatan dan makanan bergizi ketika akan menjadi Ibu adalah hal yang biasa (karena memang seharusnya demikian toh). Namun ketika Anda peduli terhadap kesehatan tubuh dan mulai memperhatikan asupan makanan sehat  saat Anda belum menyusui si kecil, saat belum tumbuh janin dalam perut, dan saat pernikahan belum Anda jalani, adalah hal yang luar biasa. Sahabat, kualitas sel telur, janin dalam kandungan, kondisi kesehatan kita selama hamil dan melahirkan sangat bergantung pada status kesehatan dan nutrisi Anda saat ini.

Tubuh perempuan menyimpan sistem yang sangat unik, proses haid, hamil, melahirkan, nifas dan menyusui  adalah sebuah proses yang membedakan dengan laki-laki. Selain diwajibkan untuk mengkonsumsi asupan zat gizi yang 3B (bergizi, beranekaragam dan seimbang), ada zat gizi lain yang harus diperhatikan juga. Zat gizi tersebut adalah :

Zat Besi (fe)

Fungsi: Zat gizi yang satu ini sangat berhubungan erat dengan anemia. Fe diperlukan untuk membentuk sel-sel darah merah yang diubah menjadi hemoglobin dan diedarkan keseluruh jaringan tubuh yang berfungsi sebagai pembawa oksigen.

Sumber: Agar zat besi yang diabsorpsi lebih banyak tersedia untuk tubuh maka diperlukan mengkonsumsi bahan makanan tinggi Fe. Seperti (lauk hewani/daging, hati, ikan dan ayam). Sumber Fe dari hewani merupakan bahan pangan yang mudah dicerna dan mudah dipergunakan. Sedangkan sumber Fe yang berasal dari nabati (kacang kedelai, serealia, sayur  dan buah) tidak mudah diserap tubuh. Zat Inhibitor (zat yang dapat menghambat penyerapan Fe) adalah tehkopi dan beberapa sereal. Sedangkan zat gizi yang dapat meningkatkan penyerapan zat Fe adalah vitamin C.

Asam Folat

Fungsi: asam folat sangat diperlukan saat awal pernikahan. Diperlukan tubuh untuk pembentukan DNA dan RNA. 3 bulan sebelum pernikahan dan 3 bulan pertama saat kehamilan tubuh Anda sangat memerlukan asupan asam folat. Selain itu, asam folat juga dibutuhkan untuk mencegah kelainan kardiovaskuler, fungsi susunan saraf pusat, dan fungsi kemampuan menyimpan memori.

Sumber: sayuran berwarna hijau tua, buah-buahan, biji-bijian, daging, susu dan sereal yang ditambahkan asam folat.

Kekurangan asam folat: kelainan kongenital (spinabifida, hydrocephalus, DownSyndrom, dan NTD/Neural Tube Defect).

Antioksidan

Fungsi: Antioksidan adalah sekelompok bahan kimia yang berfungsi melindungi sel/tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh proses oksidasi (radikal bebas).

Sumber: Antioksidan pada umumnya banyak ditemukan pada sayuran, buah-buahan dan tumbuhan-tumbuhan. Contoh antioksidan yang berasal dari makanan adalah vitamin E, C, dan vitamin A. Selain itu antioksidan juga bisa disintesis (produksi) dalam tubuh kita (asam urat, HDL dan asam amino seperti arginin).

Jika kadar Radikal bebas melebihi kadar antioksidan akan menimbulkan keadaan yang disebut dengan stress oxidative. Maka akibatnya radikal bebas akan berusaha mencuri elektron dari molekul disekitarnya dan akan menyebabkan kerusakan pada molekul tersebut. Molekul yang kehilangan elektron akan menjadi radikal bebas dan akan mencuri elektron dari molekul disekitarnya, dan begitu sterusnya sehingga menimbulkan reaksi yang berantai.

Jika keadaan ini berlangsung lama, maka akan menyebabkan kerusakan pada DNA, protein, dan membran sel. Kerusakan pada sel akan memicu berbagai kelainan dan penyakit dalam tubuh antara lain kanker, penyakit kardio vaskuler, dan berbagai penyakit degeneratif lainnya. Radikal bebas juga berperan pada penyakit Alzheimer dan Parkinson. Dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung antioksidan maka dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga terhindar dari serangan penyakit.

Menjadi seorang perempuan adalah sebuah anugerah yang patut kita syukuri. Perempuan ditakdirkan untuk mengemban amanah agung (haid, hamil, melahirkan, nifas dan menyusui), episode ini  tidak boleh berlalu begitu saja. Tentu memerlukan sebuah persiapan khusus agar semua episode ini dapat dijalani dengan lancar, sehat dan indah.

Kini saatnya Anda mulai bersiap menyambut amanah agung itu. Saatnya untuk mengevaluasi gaya hidup, lebih memperhatikan hak tubuh akan kesehatan. Agar dari rahimmu terlahir janin- janin yang sehat, mujahid- mujahid tangguh penerus estafet dakwah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s