Cerdas Hadapi Masalah

Siapa yang mau punya masalah? Suka atau tidak, manusia hidup tidak pernah lepas dari masalah. Masalah timbul kalau ada perbedaan atau kesenjangan antara apa yang diharapkan dengan kenyataan yang terjadi. Setiap manusia memang memiliki bobot permasalahan yang berbeda-beda, ada yang kecil, ada juga yang luar biasa.
 
Sayangnya, ada beberapa sikap negatif yang kerap diambil oleh orang yang sedang memiliki masalah. Pertama, lari dari masalah. Ia pergi mengasingkan diri karena merasa dirinya adalah orang paling celaka atau sial. Kedua, hilang kendali. Ketika ditimpa masalah, emosinya jadi lepas dan tidak terkontrol. Akibatnya, tanpa disadari ia membuat masalah baru. Ketiga, mencari kambing hitam. Perilaku ini pada umumnya dilakukan demi menjaga harga diri atau demi gengsi. Keempat, menyerah. Sikap ini muncul ketika orang yang tertimpa masalah tidak mau menanggung resiko apa pun. Akibatnya, dia tidak berani melangkah sejengkal pun untuk mengatasi masalah tersebut.
 
Sesungguhnya, kamu harus yakin bahwa minimal ada satu celah mungil sebagai jalan keluar. Lari, emosional, mencari kambing hitam, atau menyerah tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Hidup akan terus berputar biarpun masalahmu segunung, nikmati saja hal-hal yang indah atau manis. Apa yang perlu kamu lakukan adalah menghadapinya dengan bijak dan juga cerdas.
 
Nah, cari dan ingat terus pengalaman-pengalaman dan kenangan yang menyenangkan itu. Cara ini ampuh untuk mendapatkan ide saat memecahkan masalah yang ada, dan emosi kita pun jadi lebih terkendali. Sebesar apa keinginan dan keberanian kamu untuk menyelesaikan suatu masalah, maka hal itu akan menentukan masa depanmu. Sekarang, bergantung kepadamu!
 
Hadapi Masalahmu !
 
  1. Jangan Mendramatisir Masalah. Jangan membesar-besarkan masalah yang kamu hadapi karena kan semakin menekan dan membuat perasaanmu tidak tenang.
 
  1. Cari Akar Masalah. Setiap masalah pasti ada penyebabnya, maka mencari akar permasalahan merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk memperbaiki keadaan.
 
  1. Intropeksi Diri. Cari tahu apakah masalah muncul karena kesalahanmu atau kamu memberikan sumbangan pada masalah tersebut. Kesadaran ini bisa membuka langkah dalam mencari pemecahannya pada tahap berikutnya.
 
  1. Hadapi. Masalah harus dicari jalan keluarnya, bukan untuk dihindari atau dilupakan. Menunda masalah bisa menambah masalah baru. Biar pun berat, kita harus belajar memecahkan masalah yang dihadapi. Jangan mudah pasrah dan menyerah. Lawan semua perasaan itu. Ini bisa jadi jalan menjadi dewasalho.
 
  1. Curhat. Curhat dengan teman, orangtua, saudara, atau orang yang tepat bisa membantu untuk memecahkan masalah tersebut. Atau sekurangnya dengan berbagi dapat meringankan beban yang sedang dihadapi.
 
  1. Berdoa. Tidak ada yang lebih bisa mengasihi, mencintai, membantu, dan menolong dirimu kecuali Allah swt. Mendekatkan diri dan meminta tolong kepada-Nya adalah tindakan yang sangat tepat karena Allah swt memang Maha Penolong.
sumber : buku, 99 ideas for happy teens (Deny Riana)

One thought on “Cerdas Hadapi Masalah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s