How To Be “A Great Friend”

Berteman itu menyenangkan. Siapapun menyangkal hal indah ini. Bayangkan betapa sedihnya tidak punya teman, kamu pasti menjadi pribadi yang kesepian dan merana, jauh dari rasa bahagia yang membuatmu lebih bersemangat dalam hidup.
Kehadiran seorang teman, memang amat dibutuhkan oleh seseorang. Akan tetapi, acapkali kamu gagal mengikat sebuah pertemanan yang bertahan lama. Boleh jadi, penyebabnya justru datang dari dirimu sendiri. Oleh karena itu, cobalah instropeksi diri. Jangan-jangan, kamulah faktor penyebab kegagalan pertemanan tersebut. Intinya, pertemanan adalah saling memberi dan saling menerima. Jadi, mengapa tidak kamu yang memberi terlebih dahulu? Memulai kebaikan, insya Allah akan membuatmu lebih bahagia.

Tips Menjadi Teman yang Baik:

1. Jadilah Pendengar yang Baik. Jangan pernah sekalipun kamu bersikap menggurui. Memberi nasihat boleh-boleh saja, tetapi lakukan berlahan-lahan. Yang terpenting, pastikan temanmu itu mendengarkannya.

2. Hormati Pendapatnya. Cobalah mengerti bagaimana karakter temanmu. Hormatilah pendapatnya. Walau terkadang kalian saling berbeda pedapat, pasti ada jalan tengah yang bisa ditempuh. Jangan ingin menang sendiri.

3. Pelihara Kepercayaan. Jangan pernah sekali-kali kamu mengobral rahasia temanmu kepada oraang lain. Saling menjaga rahasia, anggap saja diantara kalian ada permainan yang hanya bisa dimainkan oleh kamu dan temanmu.

4. Lihat Sisi Baik. Sebagaimana setiap orang memiliki kekurangan, setiap orang pun pasti memiliki kelebihan. Pasti ada saja kelebihan seseorang dibandingkan orang lainnya. Kamu bisa melihat kelebihan temanmu, jika kamu memperhatikannya dengan baik. Nah, lihatlah selalu sisi baik temanmu.

5. Jangan Pernah Merasa Iri. Islam tidak membenarkan kedengkian. Dengki berarti tidak mempercayai pembagian karunia Allah kepada hamba-hambaNya. Karunia Allah kepada setiap orang itu berbeda-beda. Ada yang dilebihkan, ada pula yang tidak. Itulah sunatullah. Nah, ikut berbahagialah atas keberhasilan temanmu. Rasakanlah bahwa kebahagiaannya adalah kebahagiaanmu juga.

6. Pertolongan yang Wajar. Berikan pertolongan secukupnya. Jagalah “jarak” yang wajar. Mundurlah sedikit jika kau rasa petemanan sudah terlampau dekat. Sebalinya, mendekatlah ketika pertemanan terlampau renggang.

7. Refreshing Bersama. Carilah waktu luang bersama temanmu untuk sekedar jalan-jalan bersama atau refreshing. Dengan demikian, kalian bisa mengembangkan sikap toleransi, fleksibilitas, asertif, empati, dan belajarlah saling memahami.

8. Jangan Ragu Meminta Maaf. Saat kamu melakukan suatu kesalahan kepadanya, jangan ragu untuk meminta maaf. Setelah itu, berusahalah memperbaiki kesalahanmu. Begitu pula sebaliknya, berikan maaf dan lupakan kesalahannya jika ia bersalah.

sumber: 99 ideas for happy teens

2 thoughts on “How To Be “A Great Friend”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s