Tips Meraih Kebiasaan Positif


Kebiasaan merupakan sesuatu yang sulit diubah,meskipun bisa diarahkan kepada hal-hal yang lebih baik dan berguna. Namun, faktanya hamper setiap orang sulit untuk mengubah sesuatu yang sudah mendarah daging dan menjadi kebiasaan yang mengakar lama, kecuali dengan usaha, kerja keras, mujahadah, dan pengorbanan ekstra berat.

Orang yang sudah terbiasa bangun setelah matahari bersinar terang akan sulit untuk bangun sebelum sang surya muncul di ufuk timur. Orang yang sudah kecanduan merokok, akan sulit sekali meninggalkan kebiasaannya. Mungkin baginya, lebih baik tidak makan nasi asalkan bisa merokok. Nah, kalau kalian punya kebiasaan buruk dan ingin mengubahnya, minimal mengarahkannya kepada jalur yang benar dan baik, kamu bisa mencoba tips berikut ini :

 

1.. Tetapkan Tujuan Target

Orang yang memiliki keinginan kuat adalah orang yang mengetahui tujuan dan target kerjanya. Orang yang memiliki tujuan dalam hidupnyatidak akan pernah tersesat dalam menempuh belantara kehidupan ini. Setiap langkah kakinya diarahkan sesuai dengan rencana dan target yang sudah tercetak di benaknya. Setiap kali kakinya hendak menyimpang dari jalan yang dituju maka dengan tangkas ia menariknya kembali ke jalur yang benar. Karena itu, tujuan sangat penting untuk menguabh suatu kebiasaan dari yang buruk menjadi baik.

 

2.. Jadikan Tujuan Kamu Bernilai Tinggi

Jika suatu tujuan bernilai tinggi, dorongan untuk merealisasikannya akan semakin besar. Tujuan yang tinggi ibarat puncak gunung. Orang yang ingin sampai ke puncak pasti akan berusaha sekuat tenaga dan bersemangat untuk mencapainya. Ia tidak akan berleha-leha dan patah semangat sebelum sampai ke puncak. Sebaliknya, jika tujuannya hanya hal-hal yang sepele dan remah, maka otomatis dorongan untuk meraihnya juga kecil. Untuk itu, pancangkan tujuan yang tinggi dan mulia pada diri kamu, sehingga kamu memiliki bara semangat yang terus menyala, membakar dirimu untuk terus berusaha mencapai tujuan tersebut.

 

3.. Ingatlah bahwa tujuan dan target yang besar hanya dapat diciptakan oleh orang yang berjiwa besar. Dan tujuan yang tinggu dengan sendirinya akan mengatur dan menata segala aktivitas pencetusnya.

 

4.. Carilah pekerjaan yang membuat kamu lebih berprestasi dan istimewa dibandingkan teman-teman yang lain.

 

5.. Pahamilah diri kamu sendiri. Memahami diri sendiri adalah separuh perjuangan, sedangkan kesuksesan mencapai target adalah sisanya.

 

6.. Percayalah kepada diri sendiri. Dalam setiap waktu, selalu mintalah pertolongan kepada Allah SWT dan jangan sampai terjadi kondisi dimana kamu merasa lemah dan tidak mampu berbuat apa-apa.

 

7.. Ingatlah dengan baik bahwa kuatnya keinginan adalah hasil dari kepribadian yang tertata rapi.

 

8.. Bersiap-siaplah untuk sabar.Kebiasaan-kebiasaan baru tidak akan mungkin muncul dalam satu hari.Butuh proses panjang.

 

9.. Jangan sampai meredam obsesi kamu untuk mencapai tingkat kesempurnaan hanya karena kegagalan yang menimpamu. Yang terpenting adalah, dalam setiap saat tentukan apa yang kiranya bisa kamu lakukan, dan mulailah untuk melaksanakannya.

 

10.. Jangan sampai kamu berkeinginan untuk mendapakan pujian dari orang lain. Yakinlah, orang lain tidak akan puas sebelum kamu memang betul-betul sukses dalam usaha kamu.

 

11.. Dalam melaksanakan setiap tugas dan pekerjaan, usahakan utuk membagi cabang-cabang kerja dengan cermat dan mulailanh melaksanakan cabang-cabang tersebut dengan baik.

 

12.. Berkosentrasilah dengan satu pertanyaan, “Bagaimana agar saya bisa lebih baik daripada keadaan seperti ini?”

 

13.. Kamu tidak perlu menyesal atas hal-hal yang sudah lewat apabila kamu merencanakan hal-hal yang lebih baik untuk yang akan datang.

 

InsayaAllah dengan upaya melaksankan tips-tips di atas, kebiasaan kamu akan menjadi positif dan mendatangkan manfaat bagi diri kamu sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Oke, selamat mengubah kebiasaanmu menjadi lebih baik..!!

sumber : Nurdin, Ali. 2009. 35 Jurus Anti Mati Gaya. Surakarta: Afra Publsihing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s