Bersihin Kantong Empedu dari Batu Empedu yuuuuk


haaaaai … lama dak corat coret di blog usai hari nan bahagia, sibuk di dunia nyata jd lupa alam maya satu ini hehehhee aktif kok di dunia maya tapi cuma di FB, instagram, bb . blog nya di anggurin .. 5 hari yang lalu heboh dan menjadi tren topic di beranda fb akibat postingan aku yg ngeluarin batu empedu cuma lewat proses detoks apel, kabar nya oprasi pengangkatan ini kalau di meja oprasi bisa 40 – 60 JUTA … wooow!!!!!!!!! padahal modal yang aku pakai gag sampe 200 rbu , murah bingits kan 🙂 Batu empedu tak banyak dirisaukan orang, tapi sebenarnya semua perlu tahu karena kita hampir pasti mengindapnya. Apalagi karena batu empedu bisa berakhir dengan penyakit kanker. “Kanker sendiri tidak pernah muncul sebagai penyakit pertama” kata Dr Chiu-Nan. “Umumnya ada penyakit lain yang mendah uluinya. Dalam penelitian di Tiongkok saya menemukan bacaan bahwa orang-orang yang terkena kanker biasanya ada banyak batu dalam tubuhnya……Dalam kantung empedu hampir semua dari kita mengandung batu empedu. Perbedaannya hanya dalam ukuran dan jumlah saja.. Gejala adanya batu empedu biasanya adalah perasaan penuh di perut (‘nek,busung) sehabis makan. Rasanya kurang tuntas mencernakan makanan. Dalam kondisi parah ada tambahan rasa nyeri pada ginjal.” Bila anda menduga ada batu pada empedu anda, cobalah cara yang dianjurkan oleh Dr Chiu Nan untuk menghilangkannya secara alamiah. Pengobatan ini juga dapat dipakai bila ada keluhan gangguan hati, karena hati dan kandung empedu saling berkaitan. ( sumber http://situsangkakala.blogspot.com/2012/03/ternyata-hampir-semua-manusia-memiliki.html ) 1797428_10202856606291132_6712741182838605279_n Bayangkan kalau organ sekecil itu di penuhi oleh batu. Semua manusia punya batu empedu. Yg lama2 kalau tidak d bersihkan dengan pola hidup sehat akan beresiko kena kangker dll Walaupun organ ini kecil, tp mempunyai peran yg penting dalam proses kesehatan Saya sendiri gag punya keluhan tentang empedu, dan masalah liver.. dan belum pernah jga usg kantong empedu. Ternyata setelah di keluarkan banyaaaaaaaaaak jga batu yg bersarang.. Alhamdulillah skrg kantong empedunya udah kosong smile emotikon Segerrrrrr benar di tubuh… usus pun jd bersih

ini contoh batu empedu... saya juga keluar warna ijo kayak gitu

ini contoh batu empedu… saya juga keluar warna ijo kayak gitu

awalnya saya cuma ikut pola makan sehat karna mengingat kondisi badan yang selalu sakit sakitan. di tambah menderita HNP, syaraf kejepit di sekitar lumbal 4 – 5 di tulang punggung. efek kecelakaan. jd keterusan nyoba prilaku hidup sehat yg lainnya. salah satunya ngebersihin batu empedu ini. ok kita mulai cara nya ini sesudah 1 tahun saya nerapin pola food combining trus latian dulu detoks apel 3 hari, yaap makan apel sehari semalam. min 4-6 apel sehari. trus baru ngikutin radical detoks bahan : 1. Apel untuk persiapan 7 hari . ( 7 x 6 = 42 APEL) 2. Minyak zaitun cari yg evo yaa. extra virgin oil di mol mol besar banyak. saya beli di muhabatullah da hidayatullah kambang 3. garam inggris , nama lainnya epsom. cari nya di apotik ya 🙂 cara nya hari pertama makan apel sehari semalam hari kedua makan apel sehari semalam hari ke 3 pagi hari nya lakukan enema kopi… (enema kopi dan prosedurnya baca di https://izzatijannah.wordpress.com/2014/05/18/tentang-enema-kopi/ ) setelah itu di hari ke3 tetap makan apel siang nya lakukan -jam 2 siang minum 16 sdm evo (taruh di dalam gelas boleh di campur air jeruk nipis – jam 3 minum 1/3 sdt garam inggris – jam 4 minum 16 sdm evo – jam 5 minum 1/3 sdt garam inggris – jam 7 minum 1/3 sdt garam inggris – jam 8 minum 16 sdm evo hari ke 4 enema di pagi hari, nah di hari tersebut kamu akan melihat batu batu empedu yg keluar. hijau warna nya. ada yg udah hitam. dan kamu akan tersenyum puas 🙂 hari ini Anda akan menemukan batu-batu berwarna kehijauan dalam limbah air besar anda. “Batu-batu ini biasanya mengambang” menurut Dr Chiu-Nan.” …Cobalah hitung jumlahnya. Ada yang jumlahnya 40, 50 sampai 100 batu…Banyak sekali. Tanpa gejala apapun Anda mungkin memiliki ratusan batu yang berhasil dikeluarkan melalui metoda ini, walaupun mungkin tidak semuanya keluar. Baik sekali apabila kita sekali-kali membersihkan kandung empedu kita. siangnya masih minum garam inggris dan evo sesuai jam nya yaa.. dan masih tetap makan apel hari 5 enema lagi di pagi hari, di situ paling yg terlihat cuma serpihan serpihan aja.. dan sisa sisa kerak kerak usus besarmu. hemat- hemat energiii yaaa… lakukan aktivitas se minimal mungkin. tetap makan apel hari ke 6 makan apel seharian lagi hari ke 7 makan apel seharian lagi. hari ke 8 kamu makan makanan sehat. kasian kan melimpahkan makanan makanan sampah, penuh MSG, portein hewani berlebihan. ikut pola food combining lebih oke. Allah udah kasih fisik yg sempurna, jadi kita wajib merawatnya 🙂 fungsi apel gunanya untuk melunakan batu, garam inggris untuk membuka pembuluh darah di sekitar empedu, dan minyak zaitun mempermudah keluarnya batu dari kantong empedu 🙂 itu pengalaman ku … seruuuuu… dan plong banget setelah batu batu tersebut keluar , jadi kita berupaya membatu agar proses kerja liver dan empedu semakin baik. Bagi yang sehat…cobalah, karena saat kita sakit akut ataupun kronis gak enak rasanya. Ini adalah salah satu cara menghindari kanker dan tumor. Fungsi hati dan empedu: Menetralisir racun di tubuh, Empedu menetralisir lemak yang kita asup ke dalam tubuh.Keduanya saling berkaitan… kalau kedua2nya bersih …berarti kita telah menyehatkan tubuh kita agar normal fungsi keduanya. INGAAT…!!! Sehat adalah milik kita semua..Baik sekali apabila kita sekali-kali membersihkan kandung empedu kita.

ada yg chat kesaya , iaalah mba virda bidan. pasti paham ngelakuin enema dan detoks detoks ini… yaaa ampun, yg di grooup food combining aja dr semua kalangan. trus yg ngajarin saya radical detoks ini juga bukan orang kesehatan. teman SMP yg sekarang domisili di jakarta. jd setiap orang bisa kok menerapkan ini..

ayooo di coba 🙂

10606439_10202856489848221_6682590330314763041_n

Iklan

Sebiru Hari ini, Penuh Cerita dan Cinta


24 Agustus 2014

Hari Resepsi…
ini Lebih Rempong + rame dalam segi apapun di banding Jum’at lalu pas akad.
sebelum nya udah merajuk duluan ma tukang tenda yang di minta nuasan biru tapi di kasih warna gold kebanyakan..
tp ending nya tetap ke biru lagi 😛

Rempong juga dari jauh hari tentang rundingan  pakai baju adat .. ingin cuma mau satu ostum aja dari pagi ampe sore .. gamis biru yang udah di siapkan dari bulan MEI lalu 😉  , tapi sebagai anak dari garis keturunan PADANG tulen harus nurut .. akhirnya dari jam 8 pagi udah di dandan (kayak lenong 😛 ) di pasang sunting minang nya.. dak berat sih, soalnya dari kuningan yang ringan.. cumaaaaa Ringam nya aja yang buat dak tahan pengen di copot 😛

pakai suntiang padang ;)

pakai suntiang padang 😉

selama 2,5 jam-an selalu pengen dengarin azan zuhur, biar bisa ganti baju 😀
ke baju biru yang lebih nyaman di pakai

IMG_0181

Awal goresan satu warna indah di pelangi kehidupan


22 Agustus 2014 ,,,,
taraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…
setelah menunggu dan ngikutin skenario Allah  beberapa bulan dengan Anggun dan berusaha menjaga kesyar’i an kisah taaruf kami  #eaaaaaaaaaaaaaa 😛  Akhirnya … terdengar juga lafazh Ijab qobul antara Ayah dan Lelaki yang sekarang udah 3 mingguan jadi Imam ku 😀

baru sempat cuap-cuap di Blog , cz leptonya baru aja sembuh, setelah LCD nya pecah seribu akibat kelindas kaki atau tangan antah berantah… 3 hari sebelum nikah, musibah pun datang melalui pecahnya LCD leptop 😀
dan akhirnya baru sekarang bisa cuap-cuap di Blog Pelangi nya Nadra 😀

IMG-20140822-04748

Berakhir sudah pencarian cintaku
Jiwa ini tak lagi sepi
Hati ini telah ada yang miliki

Tiba diriku di penghujung mencari cinta
Diri ini tak lagi sepi
Kini aku tak sendiri 😉

Alhamdulillah … Akhirnya sempurna juga
#gag setengah dien lagi tapi udah Full dien 😀

Dia indah meretas gundah
Dia yang selama ini ku nanti
Pembawa sejuk, pemanja rasa
Dia yang selalu ada untukku

Di dekatnya aku lebih tenang
Bersamanya jalan lebih terang

Tetaplah bersamaku jadi teman hidupku
Berdua kita hadapi dunia
Kau milikku milikmu kita satukan tuju
Bersama arungi derasnya waktu

Kau milikku, ku milikmu
#tulus -teman Hidup

Mewakili ….


10117_1170659598160_1578092914_424537_7339021_n

 

 

Bila ada tawa di dunia ini
Maka ada tangiis di sampingnya …
Bila ada keberhasilan di dunia ini
Maka ada kegagalan disampingnya

Bila aku bisa memilih antara sekarang dan masa lalu
Aku ingin kembali ke masa lalu
Masa dimana aku masih hidup tanpa rasa sakit
Masa dimana aku masih bisa menangis karena haru
Bukan karena kesedihan melihat tangis orang tua ku

*tapi alang kah lebih menyenangkan lagi hidup di masa sekarang tanpa rasa sakit, tanpa dihantui kelelahan yang luar biasa di tengah aktivitas yang biasa 

Ingin aku bergerak bebas, tanpa khawatir tumbang di sela-sela rutinitas aktivitas ku…

Ya Allah
Hidupku mungkin hanya sesaat
Namun biarkanlah hidupku menjadi cahaya bagi mereka
Bagi siapapun yang kucintai

walau … hanya sesaat 😥

Vurra Sholeha


Vurra Sholeha ..

ini bukan grilband yg cibi-cibi di tipi  😉

hanya singkatan dari 5 buah nama akhwat yg berusaha menuju sholeha semua. *nama kan doa 😀

Virda, Uly, Risna, Rini, Ani .. pertemuan kami di himpun di Insan madani jambi  ( http://insanmadanijambi.org/ ) ini persahabatan  yg satu fikroh, persaudaraan yg terciptan menyamai seperti saudara kandung, luar biasa rasa untuk mereka ..  love all cz Allah . …

semoga kita termasuk orang-orang yg mendapat naungan di hari akhir nanti yg saling mencintai karna Allah …

 

sayang semuaaa

sayang semuaaa

tarbiyah ada aktivitas hati :)

tarbiyah ada aktivitas hati 🙂

 

Kalian tahu kenapa hujan itu menyenangkan?
Karena turunnya rame2
Pasti garing kalau hujan itu turunnya hanya satu tetes
Lantas satu tetes lagi, dan seterusnya.

Kalian tahu kenapa nasi itu lezat dan mengenyangkan?
Karena dihidangkan rame2
Pasti bengong kalau hanya satu butir saja di atas piring.
Ini mau makan apa?

Kalian tahu gigi itu berguna?
Karena rame2 berbaris rapi
Pasti ompong nyebutnya kalau cuma satu
Tidak bisa buat mengunyah. Cuma bisa buat tersenyum melihatnya.

Sungguh,
Di dunia ini sesuatu yang positif selalu spesial saat rame2 dilakukan
Shalat jamaah, rame2 tentu lebih afdol
Gotong royong, rame2 tentu lebih oke
Belajar, rame2 saling bantu lebih banyak yang dipelajari
Bekerja, rame2 saling tolong lebih cepat selesai

Itulah gunanya teman2 terbaik
Teman2 yang saling menasehati dan mengingatkan
Rame2 menjadi selalu lebih seru.

abis ngeboy di ancol, sholat magrib dan robithoh bareng di mesjid seribu tiang jambi

abis ngeboy di ancol, sholat magrib dan robithoh bareng di mesjid seribu tiang jambi

 

Seperempat Abad


eaaaaaaaaaa… masih bulan maret kan ??
gag sempat cuap-cuap di blog kupu-kupu ini pas Hari H ..
cz malam nya langsung silaturahmi denga “jas putih”  , kali ini dengan titel yg baru lagi si ahli tentang syaraf- syaraf..
cz rasa sakit  yg di derita sudah tak terhingga… hhehehhe.. walaupun dengan keadaan sakit yg cetar, aku nya sempat juga buat balck forest 2 loyang untuk anak-anak TPA .. bukan mau di rayain sih.. cuma sayang aja tuh tepung black forest di cuekin dari bulan desember 2014 lalu .. hahhhaahaha 🙂  trus besok nya aku haru berangkat ke padang “acara berkeluarga” nya sepupu ku. alhasil baru bisa cuap -cuap sekarang, mumpung lagi insomnia semenjak diagnosa si “jas putih ”  #galausuram#

 

dari yang tersayang

dari yang tersayang

Perasaan baru kemarin sekolah, terus kuliah, tau-tau aku udah menginjak usia 25, seperempat abad. Waktu rasanya cepettt banget, dan tahun 2014 adalah tahun yang bisa dibilang bener-bener bermakna. Banyak perubahan yang terjadi, tentang cinta, karir, dan persahabatan. Semoga semua perubahan yang timbul bisa bikin aku lebih dewasa di usia 25 ini. Hehehe…

 

12 maret 2014 kemarenini juga penuh kejutan, full of joy and happiness. Penuh ucapan dan doa dari orang orang tersayang. Sangat bersyukur atas apa yang sudah aku dapet sampai saat ini keluarga, sahabat, pekerjaan, orang-orang disekitar aku. Begitu banyak hal yang aku peroleh dan sudah seharusnya aku  banyak bersyukur. :’). *padahal dari jam 12 siang aku nya udah tepar 😀
walaupun di atas kue dari yg tersayang pada gag ada yang benar semuanya…
yg biru tlisan 24 itu kejutan dari anak-anak TPA, padahal mereka berasal dari anak yatim dan duafa. sempat-sempatnya pula patungan buatin aku kue, trus yg buat tepok jidatnya itu angka di lilin kenapa jadi 24 ??? hahhahaha *emang cute 🙂  . banyak yang bilang kalau akunya emang masih muda belia hahahah.. dak sesuai umur dengan wajah * kibaskibas jilbab. ttrus dari vurra (ceileeee baru ngebentuk Genk (bukan geng motor hahhaha) mereka beli sih.. cz mana ada yg pintar buat kue selalen aku di genk ini hahahhaha :p *narsis .. pakek nulis 52 pulak.. di balik umur ku *tepok jidat  . but semua nya indah, yaaa minimal mereka ingat hari spesial kehadiran ku dari hangat nya rahim ibu selama 9 bulan 😀  . yaaap 12 maret 89 subuh hari jam 5 *pas adzan subuh aku lahir di bumi jambi di klinik bersalin Putri ayu  🙂
Alhamdulillah, dan terima kasih semuaaaa :’). ♥♥♥
dari santri TPA III ^_^

dari santri TPA III ^_^

trus setelah ptong kue dan makan2 dengan anak2 TPA III , Genk VURRA sholeha datang 🙂 tambah L deh cz ada lovely swetty LIA .. adek tersayang waktu jaman perang 😉  . bawain kue juga… poto-poto bareng, trus doa bareng, doain cinta untuk aku, + doa robithoh agar hati kami makin di satukan oleh Allah.. *eaaaaaaaaaaaaaaaa so sweet 🙂

Indah nya ukhuwah kami ^_^

Indah nya ukhuwah kami ^_^

trus di umur seperembad abad ini.. masih dapat kado dari orang-orang tersayang.. 🙂  mencintai mereka karna Allah ^_^

doa ku untuk selanjutnya, segera di satukan dengan Dia yg telah tertulis di lauful mahfuzh serta di berikan kesehatan agar selalu bisa menjalankan amanah dan bermanfaat untuk orang tua, bangsa, negara, AGAMA. AMin

 

hadiah dari ukhuwah penuh cinta

hadiah dari ukhuwah penuh cinta

Etika Persahabatan


Sahabat adalah pengingat.
Pengingat untuk tetap tegar ketika diri menghadapi ujian.

Pengingat untuk istiqamah ketika kebaikan mulai diragukan.
Pengingat untuk rela berbagi kehidupan.
Karena sampai kapanpun, sahabat akan saling membutuhkan.
Untuk saling mengingatkan.

Ketika di sekolah dulu Ratih tak pernah berpikir, bahwa sahabat yang menemani melewati masa-masa suka duka bersama, suatu saat akan berubah menjauh dan enggan mendengar curahan hati satu sama lain. Dan pagi ini, Ratih sudah sampai di kantor dengan pikiran yang bercampur. Alika, sahabat nya mulai SMA hingga 2 tahun lalu takdir mempertemukan mereka kembali di tempat kerja, tiba-tiba berubah sikap.

Awalnya Ratih senang bertemu Alika di basement ketika siang itu Ratih akan makan siang di kantin, lalu di kagetkan dengan sapaan Alika yang ternyata baru 1 minggu ditempatkan di perusahaan ia bekerja di gedung yang sama. Kejutan bagi Ratih yang baru saja pulang dari perjalanan dinas ke luar kota. Semangat Ratih bekerja mulai membaik, karena ada Alika tempat ia berbagi apa saja mulai dari permasalahan di tempat kerja hingga masalah keluarga. Begitu juga bagi Alika, tak jarang ia meminta pendapat Ratih tentang lingkungan di kantor barunya, bahkan masalah ekonomi yang sedang ia hadapi bersama suaminya pun ia ceritakan pada Ratih.

Sampai suatu saat Alika bercerita pada Ratih kalau ia bertemu teman lamanya ketika kuliah, dan dijelaskan pula bahwa perhatian teman lelakinya yang baru saja menduda itu melebihi perhatian suaminya pada Alika. Spontan Ratih mengingatkan Alika untuk berhati-hati pada teman lelakinya, karena kedekatan mereka bisa menimbulkan masalah baru yang memperuncing masalah yang sedang ia dihadapi dengan suaminya. Belum lagi Alika sudah di karuniai 3 buah hati yang masih memerlukan fokus Alika untuk membagi perhatian tumbuh kembang mereka. Namun Alika hanya memberi alasan pada Ratih, jika teman lelakinya hanya tempat berdiskusi saja karena teman lama yang sudah dekat sejak awal kuliah.

Hingga siang itu di kantin tempat ia biasa makan siang bersama Alika, ia bercerita jika suaminya memasukkan gugatan cerai ke pengadilan agama. Ratih kaget, karena sebelumnya ia bercerita salah satu tetua dari keluarga besar mereka memediasi agar rumah tangga Alika utuh. Namun kehendak berkata lain, permasalahan mereka sudah sampai di pengadilan agama.

Belum lagi masalah dengan suaminya selesai, Alika malah sudah menjalin hubungan yang tak biasa dengan teman lelakinya yang dulu pernah ia ceritakan. Dan yang sangat disayangkan Ratih kedekatan mereka terlihat hingga di tempat kerja. Dimana Alika pulang dan pergi ke kantor diantar oleh teman lelaki tersebut. Ratih pernah mencoba mengajak berbicara Alika dari hati ke hati perihal sikap nya di kantor yang sudah mengundang fitnah, tapi yang ada Alika malah menjauh & menjaga jarak dengan Ratih.

Namun Ratih tetap tak bosan ada disamping Alika, sekedar memberi semangat ketika sidang cerainya berlangsung atau ketika teman-teman kantor yang lain menjauhinya. Bagi Ratih, selama masih ada waktu dan sela untuk mengajak Alika berbuat baik, ia akan lakukan. Meskipun hal ini sulit dan membutuhkan ketegaran berlipat ketika Alika mengacuhkannya. Apapun, Ratih akan mendoakan Alika karena hal itulah yang paling mudah ia lakukan agar Allah mengetuk hati Alika.

* * *

Sahabat adalah cermin

Menjadi cermin yang baik tentu tak mudah. Diperlukan ilmu dan iman, agar mudah bagi orang lain untuk bercermin dengan ‘baik’, atau cermin yang mudah menyerap sinar kebaikan dari cermin yang lain dan memancarkan cahaya kebaikannya. Dibutuhkan pula ke istiqamahan dalam menuntut ilmu dan mengelola iman agar diri pantas untuk menjadi cermin bagi sesama muslimah.

Menjadi cermin yang baik tentu saja dipengaruhi oleh banyak hal. Misalnya amanah, yang artinya jujur jika diberi kepercayaan dan tanggung jawab, tidak mengumbar amanah yang bersifat privacy saudara seimannya, atau sesamanya yang artinya meskipun berbeda keyakinan, ada hak mereka yang amanahnya harus kita simpan.

Hal yang lain yaitu rela berbagi, berbagi apa saja yang mampu untuk di bagi, misalnya ketika sahabatnya membutuhkan bantuan. Bisa berbagi waktu menemaninya ketika sedang bersedih, meskipun sahabat tersebut jauh, kita masih bisa menemaninya, melalui telepon atau media sosial bisa menjadi alternatif solusi untuk mendekatkan kita dengan sahabat yang sedang membutuhkan keberadaan kita sebagai tempat mencurahkan hati, tempat meminta pendapat untuk berpikir positif dalam menyeleseikan permasalahan yang sedang dihadapi, atau sekedar menyediakan telinga untuk rela mendengar. Atau mungkin dengan berbagi materi. Kalau yang ini, bukankah Allah memerintahkan kita bersedekah baik di saat lapang maupun sempit.

Sahabat saling menguatkan.

“Seorang mukmin terhadap mukmin lainnya seperti bangunan dimana bagiannya menguatkan bagian lainnya.” (HR, Muslim. No 4684)

Rasulullah SAW lebih menyukai umatnya yang kuat daripada yang lemah. Kuat jasmaniah maupun ruhiyah. Bahwa ketika kita kuat, kita akan semakin mudah menguatkan sesama disaat yang lain lemah.

Kebalikan kuat adalah lemah, bagaimana kita mampu menguatkan yang lain, jika kita sendiri lemah. Maka penting bagi muslimah untuk menguatkan iman, mengakarkan ilmu dalam jiwa, hati dan pikiran. Agar yang kita lakukan membuat diri kita dan sesama semakin kuat, dan tegar dalam menghadapi permasalahan sehari-hari. Kewajiban bersama jika sesama mengalami kesulitan, kita membantu mempermudah agar kesulitan cepat terselesaikan. Apalagi jika yang mengalami kesulitan adalah saudara seiman.

Masih ingat bencana yang menimpa negeri kita beberapa tahun terakhir, mulai dari tsunami Aceh dan bagian daerah Jawa Barat, gempa di Padang sampai lahar Merapi atau penderitaan yang dialami saudara kita di Gaza, atau di bagian daerah yang mungkin luput dari perhatian kita. Hati rasanya teriris jika kita hanya mampu menyaksikan penderitaan mereka lewat tayangan berita di televisi. Padahal meskipun jauh dari mereka, kita bisa membantu meringankan beban mereka. Karena dekat ataupun jauh, kita harus saling menguatkan, baik melalui bantuan moriil, materiil hingga doa tak putus untuk mereka. Nah, apalagi jika yang mengalami musibah saudara atau tetangga di lingkungan sekitar kita.

Dalam masalah etika di lingkup sosial, menguatkan iman sangat berperan penting. Sehingga tak lupa adab menjalankan norma-norma berkehidupan sosial, dan tetap saling mengingatkan agar persaudaraan tetap utuh. Dan kelola diri agar berbesar hati jika saudara, teman atau sahabat mengingatkan dalam kebaikan.

Maka menjadi hamba Allah yang kuat sangatlah penting, agar diri lebih bermanfaat untuk umat.

Dan menjadi tugas bersama untuk menguatkan ikatan ukhuwah agar semakin erat. Karena hanya dengan bersama, kebaikan akan tersampaikan.

Sahabat saling “menjaga”.

Ada sepotong daging tak bertulang yang dapat memutus tali silaturrahim, menghancurkan rasa kepercayaan dan meruntuhkan kejujuran. Daging tersebut bernama lidah. Ya, lidah tempat bermuaranya lisan. Terkadang lisan yang tak bertulang ini mudah terpeleset, apalagi jika lingkungan kita sarat dengan perempuan yang berhobi mojok di suatu sudut dan membahas masalah orang lain, atau malah menyebar isu dan berita bohong. Lalu di posisi mana sebaiknya kita berada? Bagaimana jika mereka membicarakan salah seorang teman dekat kita?.

Di posisi mana pun kita berada sangat baik, asal kita tidak menambah suasana ber ghibah semakin hangat, berposisilah senetral mungkin. Akan lebih baik jika membawa pembicaraan tak lagi mengarah pada topik membicarakan si A atau si B serta berprasangka yang kurang baik terhadap siapa yang sedang dibicarakan. Dan jangan lupakan untuk ber tabayyun, mengklarifikasi jika berita tersebut mengarah pada ketidakbenaran. Harus menyadari pula bahwa setiap diri kita wajib saling menjaga aib saudara seiman. Tugas kita adalah mengingatkan pula kepada sahabat yang sedang menjadi trending topic pembicaraan mereka. Saling instropeksi diri, mengapa isu tersebut mudah berkembang. Bukankah tak ada asap, jika tak ada api.

Jangan menjauh jika sahabat sedang berubah atau ingin sendiri, tetap temani meskipun dari jauh. Tetap doakan sahabat, karena sampai kapanpun kita akan saling membutuhkan seorang sahabat.

fimadani.com